Powered By Blogger

Translate

Total Pageviews

Sunday, September 27, 2015

PANCASILA SEBAGAI ORIENTASI PENGEMBANGAN ILMU

PANCASILA SEBAGAI ORIENTASI PENGEMBANGAN ILMU




       Dalam perkembangannya pancasila di kaji melalui falsafat yang sering disebut sebagai filsafat pancasila, kini pancasila sudah di kaji lebih dalam dan mulai di ajarkan pada mahasiswa karena perlunya keikutsertaan kaum akademik dalam mengaplikasikan dan menyebarkan makna dari pancasila.

       Ada berbagai pendapat mengenai kedudukan pancasila, dan juga tentang lahirnya pancasila. Soekarno mengaku bahwa dia bukanlah yang menciptakan pancasila, akan tetapi dia hanya menguraikannya dalam kalimat, yaitu pancasila sudah ada dalam diri Bangsa Indonesia. Mengenai lahirya pancasila pun banyak pendapat, ada yang berpendapat bahwa pancasila sudah lahir jauh sebelum di resmikannya, ada yang berpendepat pancasila lahir ketika di rumuskan namun belum di resmikan, ada juga yang berpendapat bahwa pancasila lahir ketika diresmikannya. Tentu pendapat ini tidak ada yang salah jika di tilik pada sudut pandang masing-masing.

       Pancasila di dalam memaknai dan mengkajinya terdapat 2 petak, menurut Soekarno Pancasila perlu di tarik ke atas, yaitu di pelajari dengan ilmu filsafat dalam hal ini Pancasila di kaji lagi sehingga Pancasila dapat bersifat terbuka dan pada tujuannya Pancasila dapat menyelesaikan masalah yang di hadapi Bangsa Indonesia. Dan Pancasila di tarik kebawah artinya Pancasila di jadikan sebagai Ideologi Bangsa Indonesia yang di realisasikan ke dalam kehidupan Bangsa Indonesia. Keduanya harus berjalan beriringan agar dapat seimbang antara pengembangan dan pelaksanaannya.

       Pancasila di jadikan sebagai ideologi ilmu pengetahuan menjadi masuk akal ketika pendapat Dick Huelest di kaji lagi, menurut dia peran nilai dalam ilmu menyangkut dua aspek. Pertama, peran sosial sebagai basis teori, khususnya ilmu-ilmu sosial. Dan yang kedua menyangkut implikasinya. Yang berarti bahwa penerapan ilmu dalam kehidupan sehari-hari tak pernah mungkin bebas nilai. Hal inilah yang menjadikan pancasila di anggap sah sebagai ideologi ilmu pengetahuan.

1 comment: