Powered By Blogger

Translate

Total Pageviews

Sunday, September 13, 2015

PANCASILA : Identitas Nasional

PANCASILA

IDENTITAS NASIONAL



       Identitas berasal dari bahasa inggris yaitu “identity” yang artinya adalah jati diri, ciri-ciri, ataupun tanda. Identitas menjadi sebuah simbol bagi suatu individu maupun kelompok. Adapun Nasional disini adalah suatu bangsa atau negara, jadi Identitas Nasional adalah suatu jati diri yang dimiliki oleh sebuah bangsa maupun negara yang menjadi sebuah ciri khas yang membedakan dengan bangsa atau negara lain.
       Identitas itu sendiri dibagi menjadi 2 yaitu Identitas Individu dan Identitas Kolektif, Identitas Individu adalah jati diri seseorang yang ada sejak lahir ataupun jati diri seseorang yang ada seiring proses interaksi sosialnya. sedangkan Identitas Kolektif adalah jati diri yang di bangun oleh suatu kelompok demi kepentingan anggota atau kelompoknya.
       Bangsa Indonesia mempunyai beragam identitas nasional salah satunya adalah bangsa indonesia bersifat plural yaitu mempunyai banyak bahasa, suku, adat istiadat, dan agama. dalam hal ini, identitas nasional mempunyai peran penting dalam mempersatukan Bangsa Indonesia yang bersifat plural, karena perbedaan-perbedaan ini sangat rawan jika tidak dipersatukan atas nama Bangsa Indonesia.
       Tujuan dalam mempelajari dan mengetahui identitas nasional adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi sehingga sifat plural yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia bisa dipersatukan dengan kesadaran akan identitas nasional dan rasa nasionalisme yang tinggi yang dimiliki Bangsa Indonesia. Fungsi dari identitas sendiri adalah sebagai pembeda antara suatu individu maupun kelompok, antara daerah maupun negara.
       Komponen yang termasuk dalam identitas salah satunya adalah atribut identitas, atribut indentitas adalah segala hal yang mendukung dari menonjolnya ciri dari sebuah individu atau kelompok. dengan adanya atribut identitas maka identitas suatu bangsa menjadi semakin menonjol dan semakin jelas.
       Negara Indonesia di dirikan dan diperjuangkan kemerdekaannya bukan hanya oleh agama Islam, namun agama lainnya juga berperan dalam perjuangan menuju kemerdekaan juga bukan hanya oleh suku jawa, melainkan oleh suku-suku lainnya di Indonesia, maka sudah sepantasnya seluruh Bangsa indonesia berpegang teguh dan menyadari akan identitas bangsanya, para pejuang dulu telah menyusun atribut bangsa indonesia yaitu pancasila agar bangsa indonesia bisa tetap pada pendiriannya dan saling bahu membahu dalam memajukan bangsa indonesia dengan kembali pada kesadarannya atas identitas dan asal mula adanya Negara Indonesia.

1 comment:

  1. bantu klik iklan diatas, satu klik anda berarti bagi saya..thank's,,:-)

    ReplyDelete