Powered By Blogger

Translate

Total Pageviews

Tuesday, November 17, 2015

NEGARA DAN MASYARAKAT KE ARAH INDONESIA MERDEKA DAN LAHIRNYA PANCASILA

NEGARA DAN MASYARAKAT KE ARAH INDONESIA MERDEKA DAN LAHIRNYA PANCASILA
Pendidikan Nasional Indonesia bersifat kebangsaan karena Indonesia adalah negara yang berkembang. Dalam penerapannya, Bangsa Indonesia selalu berusaha mewujudkan kemerdekaannya yang sejati, yaitu berdiri dikaki sendiri. Selama Bangsa Indonesia masih bergantung pada Negara lain maka Indonesia belum bisa dikatakan sebagai Negara merdeka.
Pada masa penjajahan, terlihat jelas bahwa Indonesia masih bergantung pada Negara lain karena memang hak kepemilikan Bangsa Indonesia terhadap Negara Indonesia masih menjadi milik penjajah. Namun jika kita lihat pada masa pasca kemerdekaan seperti sekarang ini, apakah Indonesia sudah tidak bergantung pada Negara lain? Apakah Indonesia sudah berdiri di kaki sendiri? Apakah benar Indonesia telah merdeka secara?. memang sesuatu yang penting bagi sebuah Negara  untuk saling berhubungan dengan Negara lain, namun apa jadinya jika hubungan terhadap Negara lain menjadi sebuah ketergantungan yang tidak bisa di tinggalkan, tentunya Indonesia harus tetap berusaha untuk bisa berdiri dikaki sendiri. Dalam ranah hubungan Internasional Indonesia harus bisa membatasi dirinya dalam segi apasaja yang memang diperlukan untuk melakukan hubungan Internasional. Dalam hal sandang, pangan, dan segala aspek yang meliputinya untuk saat ini Indonesia belum bisa terlepas dari Negara lain, masih besarnya angka impor di Indonesia menjadi sebuah tolak ukur akan ketergantungan Bangsa Indonesia, namun hal itu masih tetap dalam upaya agar nantinya Indonesia bisa menjadi mandiri dan menjadi bangsa yang merdeka dalam segala aspek kebutuhannya.
Kebangsaan dibagi menjadi tiga lapisan yaitu, kebangsaan kaum ningrat, kebangsaan kaum intelek, kebangsaan kaum rakyat.
Kebangsaan kaum ningrat mereka perecaya bahwa yang berhak mengurusi negara adalah dari bangsanya sendiri, mereka beranggapan bahwa Indonesia telah merdeka karena bagian yang mereka dapatkan dari kerajaan pada waktu itu membuat dirinya makmur tanpa memandang rakyat bawah. Kaum intelekpun punya anggapan sendiri yaitu bahwa yang berhak untuk memimpin negara adalah kaum intelek karena kaum yang berpendidikanlah yang bisa mengurusi negara, mereka beranggapan bahwa rakyat tidak mempunyai kewajiban untuk ikut serta dalam mengurusi urusan negara, padahal rakyat adalah suatu elemen yang penting dalam sebuah negara, tanpa rakyat maka negara tidak bisa disebut sebagai negara.
Dengan adanya konsep dasar berupa Demokrasi maka semua lapisan rakyat diberikan andil dalam kemajuan sebuah Negara dan rakyat tersebut mempunyai hak atas dirinya sendiri. Hal ini adalah salah satu sisi dari kemerdekaan Indonesia.

Lahirnya pancasila di awali dari permintaan kepada dewan dokuritsu junbi cokatsai untuk merumuskan dasar Negara Indonesia, maka Soekarno berpidato di depan khalayak mengenai motonya dalam memerdekakan Indonesia. Beliau memaparkan dasar pokok Negara Indonesia yang kemudian di tambah, di susun, dan revisi bersama dengan panitia yang lain sehingga terbentuklah Pancasila yang kita kenla sekarang ini, Pancasila bukanlah kata-kata yang dibuat dengan begitu saja, namun Pancasila dibuat dengan mempertimbangkan banyak hal.

No comments:

Post a Comment